Kamis, 26 September 2013

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR


ORGANISASI DAN ARSITEKTUR

Organisasi adalah berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural (tidak terlihat oleh programmer).
-    Contoh : sinyal
Arsitektur adalah berkaitan dengan attribute-atribute yang bisa terlihat oleh programmer.
-  Contoh :  set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O
Perbedaannya :

Arsitektur
Organisasi
-       Berkaitan dengan atribut
-       Sama
-       Bertahan lama
-       Berkaitan dengan operasional
-       Dapat berbeda
-       Menyesuaikan perkembangan teknologi
     
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit    operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektur contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori,sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program contoh: set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Ø Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda Ø  Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapatberubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh: Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang samaü  Family IBM system/ 370 memiliki arsitekturdasaryangsamaü  Organisasi antar versimemilikiperbedaan.  Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program. Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.  Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yangdigunakan. Arsitektur Komputer: Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.
Biasanya mempelajari atribut-atributsistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.  Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blueGene, dll. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,dantargetbiayanya.Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
-   Setinstruksi (ISA)
- Arsitektur mikrodariISA, dan
-Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keraskomputer ini.
            Organisasi Komputer: Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Jikaorganisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer, dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Perbedaaan Utamanya: Organisasi Komputer: Bagian yang terkait dengan erat dengan unit–unito perasional Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori,dansinyal–sinyal control Arsitektur Komputer:
-    Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
-    Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Struktur dan Fungsi
Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.
Fungsi :
-       Pengolahan data-data processing
-       Penyimpanan data-data storage
-       Pemindahan data-data movement
-       Pengendalian data-data controlling
Register adalah tempat penyimpanan sementara.

Aritmatika Komputer
Jenis-jenis bilangan :
1.    Bilangan Desimal
Bilangan yang berbasis 10. Digit atau komponennya dari 0 – 9.
2.    Bilangan Binner
Bilangan yang berbasis 2. Digit atau komponennya hanya 0 dan 1.
3.  Bilangan Heksa
Bilangan yang berbasis 16. Digit atau komponennya dari 0 – 9 dan diteruskan dari A – F, dimana A=10, B=11, C=12, D=13, E=14 dan F=15.           
4.    Bilangan Oktal
Bilangan yang berbasis 8. Digit atau komponennya dimulai dari 0 – 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar