ORGANISASI DAN ARSITEKTUR
Organisasi adalah berkaitan dengan unit-unit operasional dan
interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural (tidak terlihat
oleh programmer).
- Contoh : sinyal
- Contoh : sinyal
Arsitektur adalah berkaitan dengan attribute-atribute yang bisa
terlihat oleh programmer.
- Contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk
penyajian data, mekanisme I/O
Perbedaannya
:
Arsitektur
|
Organisasi
|
- Berkaitan dengan atribut
- Sama
- Bertahan lama
|
- Berkaitan
dengan operasional
- Dapat
berbeda
- Menyesuaikan
perkembangan teknologi
|
Jika
organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektur
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori,sistem
memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Sedangkan arsitektur komputer mempelajari
atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan
memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program contoh: set
instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Apakah
suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan
masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan
diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional. Ø Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda Ø
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi
komputer dapatberubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Pabrik komputer
memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi
berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk
kerja yang berbeda. contoh: Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar
yang samaü Family IBM system/ 370 memiliki arsitekturdasaryangsamaü
Organisasi antar versimemilikiperbedaan. Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan
atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program. Contoh
Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi
bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory. Organisasi
Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh Atribut Organisasional Adalah :
rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol,
interface komputer, dan teknologi memori yangdigunakan. Arsitektur Komputer: Dalam
bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.
Biasanya
mempelajari atribut-atributsistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah
program. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).Dalam
hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blueGene, dll. Arsitektur komputer juga dapat
didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,dantargetbiayanya.Arsitektur
komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,
mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
- Setinstruksi (ISA)
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
- Setinstruksi (ISA)
-
Arsitektur mikrodariISA, dan
-Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keraskomputer ini.
Organisasi Komputer: Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Jikaorganisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer, dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Jikaorganisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer, dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Perbedaaan
Utamanya: Organisasi Komputer: Bagian yang terkait dengan erat dengan unit–unito
perasional Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
sistem memori,dansinyal–sinyal control Arsitektur Komputer:
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Struktur dan Fungsi
Struktur adalah
bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
Fungsi merupakan
operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.
Fungsi :
-
Pengolahan
data-data processing
-
Penyimpanan
data-data storage
-
Pemindahan
data-data movement
-
Pengendalian
data-data controlling
Register adalah
tempat penyimpanan sementara.
Aritmatika
Komputer
Jenis-jenis bilangan :
1.
Bilangan Desimal
Bilangan yang berbasis 10. Digit atau komponennya dari
0 – 9.
2.
Bilangan Binner
Bilangan yang berbasis 2. Digit atau komponennya hanya
0 dan 1.
3. Bilangan
Heksa
Bilangan yang berbasis 16. Digit atau komponennya dari
0 – 9 dan diteruskan dari A – F, dimana A=10, B=11, C=12, D=13, E=14 dan F=15.
4.
Bilangan Oktal
Bilangan yang berbasis 8. Digit atau komponennya
dimulai dari 0 – 7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar